Total Tayangan Halaman

Minggu, 17 Juli 2011

MENGGALI PEMIKIRAN TOKOH ILMU FALAK

Bagi sebagaina masyarakat, ilmu falak dikenal sebagai ilmu untuk menentukan waktu sholat dan puasa Ramadlon bagi umat Islam. Namun secara maknawi ilmu falak merupakan Ilmu Astronomi itu sendiri. Pada zamannya (sebelum dipergunakan teleskop), Ilmu Astronomi sebagai sebuah Observational Science hanya bisa mempelajari posisi benda-benda langit semata.

Bahkan dalam dunia Islam ilmu falak bukan lah ilmu baru yang ditemukan waktu belakangan ini. Para ahli falak Islam ketika itu telah menghasilkan karya-karya sains astronomi yang monumental. Beberapa di antaranya adalah Alfarghani (Element of astronomy, 833M ), Nasruddin at-Tusi ( Memoir of Astronomy yang merupakan kajian akan sistem keplanetan ), Ulugh Beg (Zij-i-Sultani yang merupakan katalog 994 bintang yang diamati dari Observatoriumnya, 1437 ), Ibnu Shatir (The Final Quest Concerning the Rectification of Principles).

Demikian pokok-pokok bahasan yang disampaikanoleh Dekan Fakultas Syariah IAIN Walisongo Semarang, Dr. Imam Yahya, M.Ag. pada acara pembukaan Orientasi Mahasiswa Baru (OMB) mahasiswa baru Konsentrasi Ilmu Falak Fakultas Syariah TA 2011/2012 yang diselengarakan di Penerbad Semarang (18/7). Sejumlah 29 mahasiswa baru digembleng untuk mempersiapkan mental spiritual dan tentunya persiapan fisik untuk menyambut perkuliahan yang akan dilaksanakan awal September nanti.

Para mahasiswa KIF ini merupakan santri terbaik yang telah diseleksi oleh PD Pntren Kementrian Agama RI secara nasional yang diikuti lebih dari 250-an pendaftar program ini. Maka sudah seharusnya mereka bangga karena mendapatkan kesempatan emas yang tidak akan mungkin datang untuk kedua kalinya.

Fakultas Syariah IAIN Walisongo Semarang sebagai satu-satunya penyelenggara program Ilmu Falak di S.2, S.3 dan S.3 di Indonesia ini bertekad bahwa lulusan S.1 Ilmu Falak harus mampu menghasilkan ahli-ahli hisab handal yang bisa mengamalkan ilmunya di tengah masyarakat. Kesempatan mereka di samping sebagai Hakim, Pengacara, dan penegak hukum lainnya, mahasiswa Falak harus mempunyai kelebihan dalam bidang ilmu falak baik teoritis maupun praktis.

Selamat datang, ahlan wasahlan bikhudurikum fi jamiyyatina.

2 komentar:

sjahroni mengatakan...

Ass.wr.wb. Ilmu Falaq bahasan pada umumnya Falaq masih dihubungkan dengan sains Falaq tentang ilmu Perbintangan, tentang peredaran bumi, marilah kita mencoba menggali Falaq yang berhubungan dg Surat AlFalaq. Arti falaq masih sangat berhubungan diartikan dg masa menjelang subuh. padahal masih ada arti yang sangat berhubungan dengan Iman, Islam dan Ihsan kita. Apabila Falaq diartikan Masa-masa peralihan, antara pergantian Malam kepada siang hari atau masa peralihan antar waktu siang sore hari menjelang malam. berarti masa diwaktu Falaq. Dan dalam masa-masa ini apakah yang sering terjadi disekitar kita, penyakit apa yang akan terjadi pada masa-masa diwaktu falaq. adanya masa peralihan siang diwaktu malam dan sebaliknya akan terjadi perubahan suhu udara, berubahnya suhu udara akan berubah pula suhu udara menjadi renggang, pasti rentan akan terjadinya sesuatu. contoh. pada masa falaq tersebut, terjadinya tsunami Jam 08.oo juga gempa di Padang di masa Falaq, jam 17.16 menit, masa peralihan, subuh kepada pagi, dan sore hari menjelang Malam. contoh lain masa peralihan musim hujan masa ini banyak virus yang membuat orang-orang terjadinya filek, jadi sebenarnya masa-masa Falaq akan banyak terjadinya penyakit akan menyerang manusia. Flu burung menyerang binatang mpada masa menjelang pagi ( masa Falaq)jadi mas- Fala disebutnya masa-masa peralihan kita harus banyak berhati-hati, karena Allah memperingatkan Min syarri maa kholaq, dari kejahatan makhluq yang menyerang manusia.

sjahroni mengatakan...

Masa Falaq banyak sekali :
1. Balita kepada kanak-kanak bila tidak diImankan masa ini, anak tidak akan mengenal asma Allah
2. Masa kanak-kanak ke Remaja, bila tidak berlindung kepada Allah, anak diperkenalkan cara ibadah, mak remaja menjadi mudah kena pengaruh perbuatan negatif.
3. Masa remaja tidak diperkenalkan akhlaq mulia ( aturan Allah)mudah terkena pergaulan bebas.
4. Masa kemiskinan minim dinullahnya mudah kufur.
5. Masa kerja menjelang pensiun, manuia bingung, terkena masa falaq
Dengan terkenanya masa Falaq manusia mudah menjadi sakit hati (hasud) Islamnya menjadi Fasiq.
6. Kala memiliki harta bila terkena masa Falaq Harta, nafsu akan menjadi TUhannya, hingga sering berbuat karena prestse, Ria dan hanya karena popularitas. Ihsannya terkontaminasi dengan kemusyrikan.